Selasa, 12 Oktober 2010

Ys. Rat

Kelahiran Medan, 8 Agustus 1962. Aktif berkesenian terutama di bidang sastra sejak awal 1980, melalui puisi-puisinya yang kerap dimuat di sejumlah surat kabar Medan. Setelah bergabung di teater Kartupat sejak 1982 hingga 1989, pada tahun 1991 mendirikan Teater Merdeka dan telah berulangkali mementaskan sandiwara karyanya di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU).
Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, menengah dan atas pada Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Agama dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN), tahun 1987 meraih gelar sarjana hukum bidang keperdataan pada Fakultas Hukum Universitas Amir Hamzah Medan.
Hingga kini, selain melalui surat kabar terbitan Medan, karya-karyanya terutama puisi pernah dimuat di surat kabar Aceh dan Jakarta, serta pada sejumlah antologi. Di samping itu, sesekali juga menulis cerpen, naskah sandiwara dan skenario sinetron.
Tahun 1986 ikut mewakili Sumut pada Pekan Teater Nasional dan tahun 1989 pada Pergelaran Sastra Nasional, di TIM Jakarta. Tahun 2000 diutus TBSU membacakan puisinya pada Temu Budaya Nasional, di Taman Budaya Makassar, Sulawesi Selatan, dan 18 Desember 2004 menggelar pembacaan puisi “Catatan dari Perkutut Urakan”, di Gedung Utama TBSU, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.
Suami dari Irma Idayuli Nasution dan ayah dari Muhammad Yui Cahyo serta si kembar Muhammad Eko Setio dan Muhammad Dwi Setio ini, juga kerap diberi kepercayaan menjadi juri pada perlombaan baca puisi. Saat ini sehari-hari bekerja di bidang jurnalistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar